cover
Contact Name
Ririn Rahayu
Contact Email
ririn.rahayu@unimal.ac.id
Phone
+6282367950033
Journal Mail Official
pend.bahasa@unimal.ac.id
Editorial Address
Kampus Universitas Malikussaleh Jalan Tengku Nie, Cot Rd, East Reuleut, Muara Batu, Aceh Utara, Aceh Provinsi: Aceh Telepon: (0645) 41373
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra
ISSN : -     EISSN : 27973220     DOI : https://doi.org/10.29103/jk.v3i1.7234
KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh. Jurnal ini menerbitkan artikel berbasis penelitian di bidang pendidikan, bahasa dan sastra. Frekuensi terbit jurnal ini dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Dalam satu penerbitan terdiri dari 6 sampai 10 artikel.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2020): KANDE:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia" : 9 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN EJAAN PADA BERITA UTAMA SERAMBI INDONESIA EDISI JANUARI 2020 Ifutia Ifutia; Syahriandi Syahriandi; Trisfayani Trisfayani
KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): KANDE:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Malikussaleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jk.v1i1.3403

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan pada berita utama Serambi Indonesia edisi Januari 2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis berjumlah 29 terbitan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan empat tahap, yaitu (1) mengumpulkan sampel dan mengidentifikasi kesalahan, (2) mengklasifikasi data, (3) mendeskripsikan kesalahan, serta (4) mengevaluasi dan menyimpulkan kesalahan. Hasil penelitian terdapat 444 kesalahan ejaan berita utama dan ditemukan empat jenis kesalahan ejaan. Kesalahan-kesalahan tersebut berupa kesalahan pemakaian huruf, ditemukan sebanyak 138 kesalahan, penulisan kata ditemukan sebanyak 126 kesalahan, pemakaian tanda baca ditemukan sebanyak 167 kesalahan, dan penulisan unsur serapan sebanyak 13 kesalahan.   Kata Kunci: ejaan, Serambi Indonesia, berita utama
ANALISIS MAKNA IMPLIKATUR DALAM WACANA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA MEDIA SOSIAL Novita Sari; Radhiah Radhiah; Safriandi Safriandi
KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): KANDE:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Malikussaleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jk.v1i1.3410

Abstract

ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikananalisiswacanaberupaimplikaturdalamiklanlayananmasyarakatpada media sosial. Iklanlayananmasyarakatpadapenelitianinidiperolehdari 10 akun, terdiriatas 1 akunorganisasianakdan 9 akunkementerian Indonesia yang dibatasipadaJanuari 2020. Jenispenelitianiniadalahkualitatifdenganpendekatandeskriptif. Data padapenelitianiniberupa kata, frasa, klausa, sertakalimat yang mengandungmaknaimpilkaturdalamiklanlayananmasyarakatpada media sosial. Sumber data penelitianiniadalahiklanlayananmasyarakatpada media sosial. Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahteknikdokumentasi. Hasilpenelitian yang diperolehadalahmaknaimplikatursebanyak 3 makna, yakniimbauan (ajakan), larangan (sindiran) danperingatan. Kata Kunci: AnalisisWacana, IklanLayananMasyarakat, Implikatur
ALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM BERTUTUR MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH Ila Marni; Iba Harliyana; Ririn Rahayu
KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): KANDE:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Malikussaleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jk.v1i1.3404

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Alih Kode dan Campur Kode dalam Bertutur Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh” ini mengkaji 4 masalah, yaitu (1) bagaimanakah bentuk alih kode yang terjadi dalam tuturan mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh; (2) apa saja faktor yang menyebabkan alih kode yang terjadi dalam tuturan mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh; (3) bagaimanakah bentuk campurkodeyangterjadidalamtuturanmahasiswaFKIPUniversitasMalikussaleh;dan (4) apa saja faktor yang menyebabkan campur kode yang terjadi dalam tuturan mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh. Penelitian ini memiliki 4 tujuan, yaitu (1) mendeskripsikan bentuk alih kode dalam tuturan mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh; (2) mendeskripsikan faktor penyebab alih kode dalam tuturan mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh; (3) mendeskripsikan bentuk campur kode dalam bertutur mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh; dan (4) mendeskripsikan faktor penyebab campur kode dalam tuturan mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh. Pendekatan tuturan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan yang terindikasi alih kode dan campur kode dalam bertutur mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik menyimak, merekam, dan mencatat. Hasil penelitian menemukan adanya alih kode dalam bertutur mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh. Pertama, bentuk alih kode dalam bertutur mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh adalah alih kode intern terdapat 24 data, yaitu 1) alih kode dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Minang terdapat 12 data dan 2) alih kode dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Aceh terdapat 12 data. Alih kode ekstern tidak terdapat dalam bertutur mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh. Faktor penyebab alih kode dalam bertutur mahasiswa FKIP adalah, 1) pembicara atau penutur, 2) pendengar atau mitra tutur, dan 3) berubahnya topik pembicaraan. Kedua, campur kode dalam bertutur mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh terbagi menjadi 3 bentuk yaitu: 1) penyisipan unsur-unsur berwujud kata terdapat 9 data, 2) campur kode penyisipan unsur-unsurberwujudfrasaterdapat 4 data,dan3) campurkodepenyisipanunsur-unsur berwujud klausa terdapat 4 data. Pada peristiwa campur kode terjadi campur kode ke dalam (inner code-mixing) berupa bahasa daerah yang menyisip pada bahasa pertama yaitu bahasa Indonesia sebanyak 15 data dan campur kode ke luar (outher code-mixing) berupa bahasa asing yang menyisip pada bahasa pertama yaitu bahasa Indonesia sebanyak 2 data. Faktor penyebab campur kode dalam bertutur mahasiswa FKIP Universitas Malikussaleh yaitu: 1) ingin menjelaskan sesuatu dengan maksud tertentu, 2) ingin menjalin keakraban, 3) pengaruh pihak kedua, dan 4) latar belakang sikappenutur. Kata Kunci:AlihKode, CampurKode, Tuturan
TEKNIK PELUKISAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL HARAPAN DI ATAS SAJADAH KARYA MAWAR MALKA Fitriani Fitriani; Syahriandi Syahriandi; Masithah Mahsa
KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): KANDE:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Malikussaleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jk.v1i1.3411

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik pelukisan tokoh utama yang digunakan dalam novel Harapan di Atas Sajadah Karya Mawar Malka. Pelukisan tokoh terbagi dua, yaitu teknik pelukisan tokoh secara langsung dan teknik pelukisan tokoh secara tidak langsung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan objektif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik baca catat. Hasil dari penelitian yang ditemukan dalam novel Harapan di Atas Sajadah karya Mawar Malka terdapat dua tokoh utama, yaitu Prasetya Anggara dan Adara Prasmaya. Data dari teknik pelukisan langsung berjumlah 15 data, sedangkan teknik pelukisan tidak langsung melalui teknik cakapan terdapat 11 data, tingkah lakusebanyak 12 data, pikiran dan perasaan sebanyak 8 data, arus kesadaran sebanyak 5 data, reaksi tokoh sebanyak 11 data, reaksi tokoh lain sebanyak 3 data, pelukisan latar sebanyak 3 data, pelukisan fisik sebanyak 2 data, dan catatan tentang identifikasi tokoh sebanyak 2 data. Kata Kunci: Novel Harapan di Atas Sajadah, Teknik Pelukisan Tokoh, Tokoh Utama
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS RESENSI SISWA KELAS XI SMKS ULUMUDDIN LHOKSEUMAWE Murahmanita Murahmanita; Sayni Nasrah; Trisfayani Trisfayani
KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): KANDE:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Malikussaleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jk.v1i1.3407

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks resensi siswa kelas XI SMKS Ulumuddin Lhokseumawe. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks resensi siswa kelas XI SMKS Ulumuddin Lhokseumawe. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif menggunakan model eksperimen dengan rancangan control group pre-test dan post-test design.  Sumber data atau objek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI putri yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 27 peserta didik dan keseluruhannya dijadikan objek penelitian. Kelas XI MM sebagai kelas kontrol dan kelas XI TGB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test).  Hasil penelitian memperlihatkan perbedaan nilai rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata nilai pre-test kelas kontrol yaitu, 78,44, sedangkan nilai pada hasil post-test adalah 89,78. Nilai rata-rata (mean) pada hasil pre-test kelas eksperimen adalah 68,22, sedangkan pada hasil post-test adalah 90,89. Hasil tersebut memperlihatkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks resensi dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Audio Visual, Menulis, Teks Resensi
ANALISIS KODE PADA MOP-MOP (KAJIAN SEMIOTIK) Putri Wahyuni; Maulidawati Maulidawati; Syahriandi Syahriandi
KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): KANDE:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Malikussaleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jk.v1i1.3412

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kode-kode yang terdapat dalam naskah Mop-mop di antaranya kode teka-teki, kode konotatif, kode simbolik, dan kode tindakan, (2) mendeskripsikan makna yang terdapat dalam naskah Mop-mop. Data penelitian ini berupa kode-kode semiotik Roland Barthes yang terdapat dalam naskah Mop-mop. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) kode-kode yang terdapat dalam naskah Mop-mo, yaitu kode teka-teki (2), kode konotatif(11), kode simbolik (11), dan kode tindakan sebanyak (6), (2) makna yang terdapat dalam naskah Mop-mop di antaranya, makna dialog Meureuhui, makna salam pembuka, dan makna pantun nipah. Kode teka-teki yang terdapat dalam naskah Mop-mop sudah menunjukkan pertanyaan dan teka-teki. Kode konotatif yang terdapat dalam naskah Mop-mop merupakan kilasan-kilasan makna atau kata-kata yang mempunyai makna tersirat. Kode simbolik yang terdapat dalam naskah Mop-mop merupakan perlambangan bahasa yang sering disebut dalam kehidupan sehari-hari orang Aceh. Selanjutnya, kode tindakan yang terdapat dalam naskah Mop-mop memerlihatkan tindakan-tindakan yang disebutkan pada teks. Dalam penelitian ini, peneliti tidak menemukan adanya kode budaya dalam naskah Mop-mop. Kata Kunci: Semiotik, Kode, Mop-Mop
KATA SAPAAN BAHASA ACEH DIALEK ACEH BESAR (TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK) Ismawirna Ismawirna; Erfinawati Erfinawati; Ramanda Rizka
KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): KANDE:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Malikussaleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jk.v1i1.3408

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “KataSapaan Bahasa Aceh Dialek Aceh Besar (Tinjauan Sosiolingustik)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Kata sapaan apayang digunakan dalam masyarakat dialek Aceh Besar dan Faktor apakah yang mempengaruhi penggunaan kata Sapaan dalam masyarakat dialek Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan kata sapaan yang digunakan  masyarakat dialek Aceh Besar dan untuk memperoleh data dan informasi terhadap kata sapaan yang digunakan masyarakat dialek Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Aceh Besar. Peneliti hanya meneliti kata sapaan dalam bahasa Aceh dialek Aceh Besar yang terdapat di Kecamatan Indrapuri, Desa Reukih Dayah, Kecamatan Ingin Jaya Desa Dham Ceukok, dan Kecamatan Kuta Baro Desa Lambaro Bileu. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan rekaman.Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pemakaian kata sapaan dan faktor perbedaan usia, jenis kelamin, dan status sosial sangat berpengaruh dalam pemakaian sapaan di Kecamatan Indrapuri Desa Reukih Dayah, Kecamatan Ingin Jaya Desa Dham Ceukok, dan Kecamatan Kuta Baro Desa Lambaro Bileu. Simpulan penelitian ini adalah kata sapaan yang digunakan dalam masyarakat dialek Aceh Besar yang meliputi sapaan umum, agama, jabatan, dan adat sesuai dangan tujuan dan ruang lingkup penelitian.Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan sapaan yang digunakan masyarakat bahasa Aceh dialek Aceh Besar(Tinjauan Sosiolinguistik) adalah faktor usia, jenis kelamin, dan status sosial. Kata Kunci: Kata Sapaan, bahasa Aceh, dialek Aceh Besar
PENGARUH PENGGUNAAN AUDIOVISUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI SMA NEGERI 3 TAKENGON Alfi Syahrin; Amru bin As
KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): KANDE:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Malikussaleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jk.v1i1.3644

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh audiovisual dan motivasi siswa terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Pegasing Takengon-Aceh Tengah. Sampel diambil 125 siswa kelas dua. Data penelitian ini diambil melalui pengaruh motivasi belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara dan hasil rapor siswa kelas dua semester dua. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan (f hitung 5,050 dan p <0,050) motivasi siswa terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris. Kata Kunci: Pengaruh, audiovisual, motivasi, keterampilan berbicara bahasa Inggris.
HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMBACA FIKSI DENGAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KECAMATAN PANGKALAN Rani Ardesi Pratiwi
KANDE Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1, No 1 (2020): KANDE:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Publisher : Universitas Malikussaleh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/jk.v1i1.3409

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) mendapatkan deskripsi mengenai keterampilan membaca fiksi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kecamatan Pangkalan, (2) mendapatkan deskripsi mengenai keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kecamatan Pangkalan, (3) menganalisis hubungan keterampilan membaca fiksi dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kecamatan Pangkalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain korelasional. Metode dalam penelitian ini ialah deskriptif analisis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kecamatan Pangkalan dengan jumlah 164 siswa. Sampel diambil 20% dari 164 siswa yaitu 34 siswa menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal berikut ini. Pertama, keterampilan membaca fiksi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kecamatan Pangkalan berada pada kualifikasi cukup (61,42). Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kecamatan Pangkalan berada pada kualifikas cukup (60,37). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca fiksi dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 1 Kecamatan Pangkalan. Kata Kunci: hubungan, membaca, fiksi, menulis, cerpen

Page 1 of 1 | Total Record : 9